Jumat, 26 Februari 2010

Sistem SDLC

Sistem ialah kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan yang berinteraksi untuk melakukan suatu tugas guna mencapai suatu tujuan. Sekalipun tidak bekerja dengan sangat baik, tetap saja merupakan suatu system.

Tujuan analisis dan desain system adalah untuk memastikan bagaimana suatu system bekerja dan kemudian mengambiltindakan untuk menjadikannya lebih baik.

Pengembangan Sistem

Dilakukan dengan menggunakan metodologi (suatu proses standar yang diikuti oleh organisasi untuk melaksanakan seluruh langkah yang diperlukan untuk menganalisa, merancang, mengimplementasikan, dan memelihara sistem informasi)
Metodologi klasik yang digunakan dikenal dengan istilah SDLC (System Development Life Cycle)

SDLC

Alter (1992) Inisiasi, pengembangan, implementasi, dan operasi dan perawatan
Fabbri dan Schwab (1992) Studi kelayakan, rencana awal, analisis sistem, desain sistem, dan implementasi sistem
Hoffer, George, dan Valacich (1998) Identifikasi dan seleksi proyek, inisiasi dan perencanaan proyek, analisis, perancangan logis, perancangan fisik, implementasi, dan perawatan
McLeod (1998) Perencanaan, analisis, perancangan, implementasi
Laudon & Laudon (1998) Definisi proyek, studi sistem, desain, pemrograman, instalasi, dan pascainstalasi

PT Astra

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Hondatahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.
Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 3 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat.
Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 20 juta pada tahun 2007. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. Secara dunia pencapaian produksi sepeda motor Honda 20 juta unit adalah yang ke tiga, setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.600 showroom dealer penjualan yang diberi kode H1, 3.800 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan kode H2, serta 6.500 gerai suku cadang atau H, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 13.000 orang, ditambah 130 vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberika kesempatan kerja kepada sekitar 500 ribu orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PT ASTRA HONDA MOTOR

PT Astra Honda Motor adalah perusahaan manufakturing & distribusi sepeda motor terbesar di Indonesia, dengan jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang. Sesuai dengan visi perusahaan, PT. Astra Honda Motor selalu berupaya untuk menyediakan solusi mobilitas terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan sistem manajemen kelas dunia.

Untuk itu kami membutuhkan sumber daya manusia terbaik yang kreatif, inovatif, kompetitif dan siap bergabung dalam pencapaian tujuan tersebut. Dalam pengelolaan SDM, PT. Astra Honda Motor memiliki sistem manajemen pengelolaan SDM yang profesional dengan prinsip Internally Fair dan Externally Competitive disertai dengan pengembangan SDM melalui program-program pelatihan dan pengembangan lainnya serta jenjang karir yang jelas seiring dengan berkembangnya bisnis sepeda motor yang semakin meningkat.

Setiap orang di PT Astra Honda Motor dihargai sesuai dengan prestasi dan potensinya, jika Anda adalah orang yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan, kami tunggu kehadiran Anda untuk bergabung bersama PT. Astra Honda Motor.

Menghadapi tantangan pasar sepeda motor di Indonesia yang semakin ketat, PT. Astra Honda Motor membutuhkan sumber daya manusia yang kreatif, kompetitif, dan inovatif. Untuk itu PT. Astra Honda Motor membuka kesempatan berkarir di perusahaan manufaktur tingkat dunia dengan sistem karir yang Internally Fair dan Externally Competitive.
A. Proses Awal & Tes Psikologi
image

B. Proses Interview
image

C. Proses Medical & Pengumuman
image

D. Proses on the Job Training
image

struktur organisasi pt astra honda motor Info Results

Astra Otoparts

PT Astra Otoparts Tbk – Adiwira AHM (Astra Honda Motor) TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) Daihatsu

Lowongan PT Astra International Tbk- Honda 2009 | Info Lowongan Kerja

PT Astra International Tbk- Honda (Astra Motor) adalah salah satu unit bisnis Astra • Memiliki pengalaman organisasi • Mau dan mampu engineering jobs Civil Manager civil structure

PT ASTRA HONDA MOTOR || About

... yang tangguh, irit dan ekonomis.Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri. PT AstraHonda Motor

Ikatan Motor Indonesia

Honda 15 Million Road Race 2005 2006-02-22 07:00:00. Gelaran otomotif bergengsi dari PT Astra Honda Motor (AHM) berupa kejuaraan Home | Tentang IMI | Organisasi | Struktur | Berita |

PT ASTRA HONDA MOTOR || Komunitas

Home / Komunitas Honda / Profil Klub To create partnership among motor vehicle lovers without ignoring family and work.

PT Astra International-Honda: Lowongan Legal Spv | Info Lowongan Kerja

recruitment@hso.astra.co.id atau PT. Astra International Tbk – HONDA Komplek Astra International Ged. B lt.5 Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter Civil Manager civil structure engineer
Read More ...

Astra Otoparts

Company in Brief History Vision & Mission Milestones Business Structure Business Honda (PT Astra Honda Motor) Suzuki (PT Indomobil Suzuki International) Yamaha (PT Yamaha Indonesia
Read More ...

HARDWARE
Dalam menggarap dan menjalankan strategi bisnis baru ini, Microsoft menggandeng Tiga Mitra Bisnis yaitu ; PT. ASTRA GRAPHIA INFORMATION - PT.INFINYS SYSTEM INDONESIA - INDOPACIFIC ( Green View ).
MPHOS merupakan terobosan yang dilakukan ole Microsoft dalam model bisnis Software dimana dengan cara ini, solusi IT bisa dibeli dengan cara berlangganan (subscription) kepada penyedia jasa (service provider). Pelanggan tidak perlu lagi membeli seluruh peralatan hardware dan software serta aplikasi yang dibutuhkan karena sudah diberikan dalam bentuk jasa layanan.

Melalui peluncurannya selasa (8/12), Microsoft merubah model bisinis IT dan cara pembiayaanya di perusahaan Indonesia, dimana IT yang tadinya sebagai ASET dibiayai dari Capital Expenses, sekarang menjadi biaya operational rutin saja yang dibiayai melalui Operational Expenses.

Microsoft di indonesia meluncurkan semua inisiatif bisnis yang akan dipasarkan melalui Mitra BIsnisnya, ini diharapkan membawa keuntungan bisnis bagi mitra dan akhirnya membangun software ekonomi Indonesia.

Model bisnis Microsoft Cloud Computing di Indonesia memberikan berbagai keuntungan bagi Customer yaitu ; sistim berlangganan ,pembayaran dilakukan per bulan sesuai dengan apa yang digunakan pada bulan tersebut, dapat mulai atau berhenti berlangganan kapan saja dan mendapatkan teknologi terbaru dari Micros.

SOFTWARE
Perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki beberapa peran penting untuk turut mensukseskan program Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Salah satu peran tersebut adalah dengan menjalankan program-program corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan program-program CSR tersebut juga akan mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan bisnisnya sehingga terwujud sebuah pembangunan berkelanjutan yang merupakan konsep inti dari CSR. Lebih lanjut, program-program CSR yang dijalankan juga akan menciptakan reputasi positif dan keunggulan kompetitif yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian yang menggunakan metode studi kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola program-program CSR yang dijalankan oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk; PT. Sari Husada; PT. Astra International, Tbk; dan PT. Aneka Tambang, Tbk. Keempat perusahaan tersebut dipilih menjadi obyek penelitian dalam studi kasus ini karena sebagai perusahaan go public, keempat perusahaan tersebut memiliki transparansi dan akuntabilitas yang tinggi sehingga memudahkan penulis dalam mendapatkan data dan informasi mengenai program-program CSR yang dilaksanakan. Data primer dan sekunder yang berupa informasi mengenai program-program CSR dari keempat perusahaan tersebut diperoleh dari sustainable report yang didownload melalui website masing-masing perusahaan, pemberitaan pada media massa yang didownload melalui internet serta kajian literatur lainnya. Identifikasi yang dilakukan difokuskan pada tiga hal, yaitu keterkaitan program CSR dengan bisnis inti perusahaan; cakupan program CSR terhadap triple bottom line (ekonomi, sosial, dan lingkungan); serta pelaksanaan program CSR yang merupakan pembangunan berkelanjutan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Hasil studi menunjukkan komitmen yang tinggi dari keempat perusahaan tersebut terhadap pelaksanaan program CSR dan etika bisnis. Keempat perusahaan tersebut juga mengupayakan untuk melaksanakan program CSR yang mencakup triple bottom line.

USER
PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen dan distributor sepeda motor Honda di Indonesia pada hari ini, Kamis, 23 Juli 2009 meluncurkan produk terbarunya Honda Vario Techno, sebuah inovasi pertama dan satu-satunya dari teknologi sepeda motor skutik di Indonesia.

Demikian kutipan kalimat pertama dari website resmi PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM).

Ketika berkunjung ke booth motor Honda pada hari pertama di ajang IIMS 2009, Jumat (24/7), memang booth Honda terasa sudah sepi dan keramaian sudah berlalu untuk melihat produk baru tersebut. Tak ada kehebohan dan tak ada pula media atau petugas kamera stasiun TV yang siap merekam.

Apa yang bisa dipelajari?

Memang demikianlah teknik PT AHM saat me-launching produk Honda Vario Techno CBS yang sepertinya tak mau disamakan dengan ajang IMMS 2009. AHM ingin punya acara sendiri dengan undangan, maupun kalangan media yang terbatas pula.

Ya, sepertinya AHM pun tak perlu gembar-gembor soal teknologi CBS (Combi Brake Sistem) yang dianut oleh varian Honda Vario terbarunya. Low profile saja, mungkin itu pesan yang bisa ditangkap oleh SL.COM.

Secara fisik motor Honda Vario Techno CBS ini sama saja dengan varian terdahulu. Prinsipnya motor skutik tetap mengaplikasikan fitur-fitur canggih yang telah diterapkan sejak pertama kali Honda matik diperkenalkan tahun 2006.

Honda mengklaim sebagai pelopor & trendsetter teknologi motor skutik di Indonesia, yaitu dengan fitur Parking Brake Lock, Side Stand Switch, dan Secure Key Shutter.

Terakhir, AHM mempersembahkan teknologi skutik terbaru dari Honda, yaitu motor dengan sistem Combi Brake (CBS), yaitu satu tuas pengereman bisa berlaku untuk roda depan dan roda belakang. Masih kurang, kedua tuas rem pun masih bisa dipakai.

Honda Vario Techno CBS hadir dengan 5 variasi warna, yaitu Element Black, Integra White, Acura Silver, Odyssey Violet, dan Clarity Red. Keseluruhan varian warna sudah dilengkapi dengan casting wheel.

General overview: SL.COM melihat warna motor semakin ceria, soal rem CBS belum pernah dicoba, jadi untuk sementara no-comment dulu.

PROSEDUR

Prosedur Penjualan Sepeda Motor Secara Kredit Pada PT. Astra Internasional

PT Astra Internasional Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor, penjualan suku cadang dan servis sepeda motor honda. PT Astra Internasional Tbk yang didirikan pada tahun 1957 merupakan perusahaan konglomerat dengan core business di bidang otomotif yang menguasai pasar mobil dan motor terbesar di Indonesia leewat produk andalanya Toyota Kijang dan Honda Astrea. PT. Astra Internasional Tbk – Honda Sales Operation pertama kali berkedudukan di JL. Yos Sudarso Sunter I – Jakarta Utara 14350. Sejalan dengan perkembangan bisnis yang ada, maka pada tahun 1983 berdiri cabang di Semarang yang berkedudukan di Jl. Pemuda Semarang, namun pada tahun 1985 PT. Astra Internasional Honda Sales Operation pindah ke Jl. Jenderal Sudirman 320 B Semarang. Dengan berkembangnya tingkat persaingan di pasar sepeda motor, dan untuk memberikan pelayanan yang lebih dan terbaik ke konsumen, maka PT. Astra Internasional, Tbk. melakukan sistaem penjualan secara kredit supaya konsumen dengan golongan kelas ekonomi menengah dapat juga membeli sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap - tahap penjualan secara kredit yang dilakukan oleh PT. Astra Internasional, Tbk. seperti: prosedur penjualan kredit, hambatan – hambatan penjulan kredit serta tujuan penjualan kredit dan metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Analitis, sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Prosedur penjualan kredit yang dilakukan oleh perusahaan mencakup semua tahapan mulai dari barang yang awalnya ada di dealer sampai barang ada pada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penjualan kredit yang dilakukan oleh PT. Astra Internasional,Tbk. dapat meringankan konsumen dalam pembelian produk sepeda motor, akan tetapi konsumen itu sendiri juga harus memenuhi sayarat – syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan dalam mengajukan kredit. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan SAP (Sistem Administration Prosedural) dalam mengendalikan administrasi perusahaan, maka dapat digunakan untuk mengatasi konsumen yang tidak jujur dan sebagai alat pengendalian Intern bagi perusahaan guna penyedian data yang valid dan akurat.
Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code: 6039
Deposited By: mr administrasi bisnis
Deposited On: 29 Jan 2010 09:48
Last Modified: 29 Jan 2010 09:48