Sabtu, 05 Desember 2009

TEORI My SQL

TEORI My SQL


My SQL merupakan database yang mendukung RDBMS (Relational Database Management System). Sebagai database yang mendukung RDBMS, database ini terbukti telah banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan pendokumentasian data. MySQL merupakan database server yang juga dapat berjalan sebagai Client. Dengan kemampuan tersebut, database ini mampu berjalan pada sistem jaringan, baik lokal mauopun WAN (internet).

Saat ini database MySQL banyak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis online seperti web. Bagi Anda yang saat ini sedang belajar dan mengembangkan kemampuan dalam pemrograman database berbasis online seperti website, kehadiran buku ini akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin muncul dalam proyek-proyek Anda.

SQL?
SQL (dibaca "ess-que-el") merupakan kependekan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan sebuah Database. Sesuai dengan ANSI,SQL merupakan bahasa standar untuk sistem menajemen database relasional. Statemen SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti melakukan update terhadap database, atau mengambil data dari sebuah database. Beberapa database relasional yang menggunakan SQL dan cukup ngetop adalah: MySQL, Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres, etc. Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL, namun sebagian besar dari mereka juga memiliki ekstensi khusus yang hanya bisa digunakan di sistem masing-masing. Namun demikian, perintah standar SQL seperti "Select", "Insert", "Update", "Delete", "Create", dan "Drop" dapat digunakan untuk melakukan hampir semua hal yang perlu dilakukan terhadap sebuah database. Tutorial ini akan mengenalkan kamu pada penggunaan dasar dari perintah tersebut

Membuat database Sederhana menggunakan MySQL
Untuk membuat sebuah system database, kita memerlukan server untuk database yang dalam hal ini saya menggunakan mysql yang sudah terpaket dalam program installer XAMPP.
Untuk menggunakan aplikasi mysql ini kita harus terlebih dahulu masuk ke direktori mysql pada path instalasi XAMPP yaitu di C:\xampp\mysql\bin kemudian login dengan mengetikkan perintah atau kode berikut :
>> mysql -u root –p
(simbol >> hanya sebagai penanda saja dalam tulisan ini dan tidak masuk dalam kode/perintah yang diketikkan)
dengan mengetikkan kode tersebut maka kita akan masuk ke mysql dengan login sebagai root, dengan tampilan seperti gambar berikut.

Selanjutnya kita membuat data base baru misalkan kita beri nama ”lat_mysql”. Maka untuk membuat database tersebut kita menggunakan perintah berikut :
>> create database lat_mysql;
Selanjutnya kita ketikkan perintah
>> show databases;
untuk melihat apakah database yang kita buat tadi memang sudah terbuat tidak ada error. Hasil tampilannya seperti gambar berikut


MySQL
Pembicaraan mengenai MySQL tidak akan terlepas dari istilah basis data (database). Apakah database itu? Database adalh sekumpulan tabel yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut C.J. Date, database adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Dalam teori sistem basis data sebetulunya banyak model basis data, namun yang cukup terkenal dan mudah dipahami adalah basis data relasional. Dalam implementasinya basis data relasional ditunjukkan dalam bentuk tabel berdimensi dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar